Laskar Pelangi


RESENSI NOVEL







OLEH
NUNUK NURIYATI, M.Pd











1.
Judul Buku                : Laskar Pelangi
Penulis                        : Andrea Hirata
Tebal Buku                : 529 halaman
Penerbit                      : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Tahun Terbit             : 2005

Sinopsis
Laskar Pelangi, novel karangan penulis terkenal Andrea Hirata. Novel yang menceritakan sebuah kisah kehidupan 10 anak dengan latar belakang berasal dari keluarga miskin di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Nama dari 10 anak tersebut antara lain Lintang, Ikal, Mahar Ahlan, Jumadi Ahlan, A Kiong, Syahdan Noor Aziz, Borek, Mukharam Kucai Khairani, Harun, Trapani, dan Sahara satu-satunya anak perempuan di antara mereka.10 orang bersahabat ini memiliki orang tua yang berprofesi sebagai penambang timah. Namun, walaupun kehidupan dilanda kemiskinan, mereka tetap menjalankan aktivitas pendidikan seperti halnya anak-anak yang lain. Dengan gedung sekolah tua ala kadarnya, mereka tetap semangat dan senang menimba ilmu di tempat itu.Mereka memiliki teman baru di sekolahnya, yaitu seorang gadis cantik bernama Flo yang merupakan anak dari seorang pegawai penambangan timah.Dalam kondisi sekolah yang memprihatinkan, gedung yang sudah tua serta tidak layak pakai dan murid sekolah yang hanya ada 10 anak di sekolah itu. Keadaan seperti itu mendapatkan respon dari Pemerintah Daerah Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatra Selatan, yaitu berupa peringatan bahwa sekolah tersebut (SD Muhammadiyah) harus ditutup karena memiliki murid yang terlalu sedikit.Harun seorang anak yang memiliki keterbelakangan mental, ia memiliki komitmen ingin sekolah dan datang pada saat penutupan. Pada saat penerimaan siswa baru, baru terkumpul 9 siswa. Ketika Pak Harvan berpidato bahwasanya sekolah tetap berdiri harus dengan 10 orang, di saat itulah Harun datang sebagai pelengkap dan akhirnya sekolah tidak jadi ditutup.Ibu Muslimah adalah seorang guru yang sabar dalam mendidik mereka. Beliau adalah sosok wanita yang memiliki tekad kuat. Beliau hanya seorang lulusan pendidikan tingkat SMP, namun dengan tekadnya yang kuat beliau menjadikan dirinya wanita yang kuat, tegar, dan memiliki dedikasi tinggi akan pendidikan.

Kelebihan
Memiliki gaya bahasa yang cukup menarik untuk dibaca, memberikan kenyamanan para pembaca saat menyimak setiap alur ceritanya. Kisahnya memberikan pelajaran yang patut diteladani, terutama dalam aspek moral dan sosial. Dan juga alur ceritanya menanamkan sikap selalu bersyukur atas apa yang ada dan diberikan oleh-Nya.

Kekurangan
Karena kisahnya berlatar belakang di sebuah daerah terpencil, beberapa kata menggunakan bahasa daerah yang tidak semua orang mengerti.


2.
Judul Buku                : Koala Kumal
Penulis                        : Raditya Dika
Tebal Buku                : 250 halaman
Penerbit                      : Gagas Media
Tahun Terbit             : 2015

Sinopsis
Raditya Dika adalah salah satu insan kreatif Indonesia yang karyanya selalu sukses diterima masyarakat. Kesuksesannya berawal dari aktivitas isengnya, yaitu nge-blogging. Tulisan di blognya lalu diadaptasi menjadi sebuah buku fiksi berjudul Kambing Jantan, yang merupakan hasil karya perdana Raditya Dika.
Saat ini Dika telah memiliki karya tulis fiksi sebanyak 7 buku. Perubahan drastis telah dialami olehnya, menulis bukan lagi menjadi aktivitas isengnya dan dia juga seseorang yang multi profesi. Kini dia berprofesi sebagai penulis, sutradara, komika (stand-up comedy), aktor, dan you tuber. Hebatnya Dika yaitu bisa memegang semua profesi dengan terkendali.
Pada tahun 2015 Raditya Dika merilis buku barunya yang berjudul Koala Kumal. Buku yang berkisah tentang manis pahitnya sebuah cinta. Seperti karya-karya sebelumnya, Dika mengemas dengan konsep drama cinta komedi.
Dalam bukunya, Raditya Dika mengutarakan tentang patah hati. Ada seseorang yang dahulu satu sama lain saling mengasihi rasa nyaman, namun dikala bertemu kembali rasa itu telah pudar. Dika menggambarkan hal itu dengan kisah seekor koala yang berimigrasi dari tempat tinggalnya di hutan. Namun saat seekor koala kembali ia kebingungan, karena hutan yang pernah menjadi tempat tinggalnya dahulu telah gundul akibat ulah manusia tidak bertanggung jawab.
Dan dari penggambaran imajinasi itu Dika memberikan judul buku barunya Koala Kumal. Jika sebelum-sebelumnya Dika selalu menuangkan komedi kasar dalam setiap karyanya, di buku Koala Kumal ini ia justru menuangkan komedi pakai hati. Karena Dika sendiri memiliki prinsip bahwa lucu itu tidak harus menggunakan komedi kasar, komedi pakai hati juga bisa untuk membuat kelucuan.
Koala Kumal menjelaskan bahwa patah hati merupakan suatu proses menuju taraf kedewasaan. Dalam patah hati janganlah kamu untuk mudah putus asa mengejar cinta. Meraih suatu harapan itu butuh perjuangan. So, dalam perjuangan cinta kamu harus bisa mempertahankan kenyamanan.

Kelebihan
Menuangkan kisah cinta yang sangat cocok untuk dibaca para remaja. Konsep temanya berbeda dengan buku-buku sebelumnya yang memang selalu sama. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami secara universal. Tata tulisan jauh lebih baik dibanding karya tulis perdananya “Kambing Jantan”.

Kekurangan
Secara menyeluruh kekurangan hanya pada tebal bukunya saja yang lebih tipis dari karya tulis lainnya.
3.
Judul Buku                : Ayah
Penulis                        : Andrea Hirata
Tebal Buku                : 412 halaman
Penerbit                      : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Tahun Terbit             : 2015

Sinopsis
Setelah lama tak merilis karya barunya, pada tahun 2015 Andrea Hirata muncul dengan merilis novel barunya yang berjudul Ayah. Novel Ayah ini masih trilogi dari novel sebelumnya, yaitu Laskar Pelangi.
Latar utama dalam ceritanya masih di Belitong. Kisahnya tentang 4 orang sahabat yang bernama Sabari, Ukun, Tamat, dan Toharun. Keempat sahabat itu bersekolah di sekolah yang sama. Penulis, Andrea Hirata mengangkat kisah dengan menceritakan kehidupan sehari-sehari mereka dan masing-masing latar belakang keluarganya.
Sifat tokoh mirip seperti di novel Laskar Pelangi, masing-masing dari mereka memiliki karakter yang unik. Tak bisa dipungkiri jika mereka naif dan polos, namun terkadang mereka juga cerdas.
Sabari, diceritakan merasa jatuh cinta pada gadis yang bernama Lena sejak SMP. Sabari tak putus asa, walaupun pada nyatanya gadis itu tak peduli dengannya. Ia sering kali menulis puisi dan memajangnya di majalah dinding sekolah. Beberapa kali Lena juga membalas via mading.
Singkat waktu, ketika Sabari sudah dewasa, Lena tetap tak bisa dilupakan olehnya. Pada suatu hari, ia mendapatkan kabar bahwa Lena hamil di luar nikah. Saat itu memang Sabari bekerja di pabrik batako miliki ayah Lena, Markoni.
Pada akhirnya Sabari rela menikah dengan Lena, demi menyelamatkan nama baik Markoni yang memang kurang akur dengan anaknya.
Anak yang lahir dari rahim Lena diberikan nama Zorro oleh Sabari, karena saat si kecil itu tidak mau melepas boneka Zorro saat diberikan. Sabari ingin terus memeluk anaknya, ia memang sangat menyayangi anaknya. Sabari selalu membayangkan rencana yang akan dilakukan kelak jika anaknya sudah besar, hingga setiap malam ia susah tidur lantaran memikirkan hal itu.
Sabari ikhlas saat Lena yang tak mau tinggal bersama ia dan Zorro. Beberapa tahun kemudian Lena menggugat cerai, dan menikah lagi hingga tiga kali. Dan pada akhirnya Zorro diambil oleh Lena. Sejak itu Sabari berpenampilan dan bertingkah laku seperti orang gila.

Kelebihan
Pembaca tidak akan merasa capek saat membaca, karena ceritanya terbagi dalam bab-bab pendek. Terdapat beberapa informasi di halaman akhir mengenai penerbitan buku Andrea yang akan sudah ada. Kisahnya dominan pada aspek cinta dan persahabatan.



4.
Judul Buku                : Surat Kecil Untuk Tuhan
Penulis                        : Agnes Davonar
Tebal Buku                : 239 halaman
Penerbit                      : Inandra Published
Tahun Terbit             : 2008

Sinopsis
Surat Kecil Untuk Tuhan merupakan karangan seorang penulis yang mengawali kariernya sebagai blogger amatir, yaitu Agnes Davonar. Namun karena Agnes memiliki ketekunan dan semangat yang tinggi, akhirnya ia terus mengembangkan diri hingga menjadi penulis yang telah melahirkan lima novel online dan 42 cerita pendek.
Novel yang berjudul Surat Kecil Untuk Tuhan ini adalah salah satu karya sastranya. Novel ini menceritakan tentang sebuah kisah perjuangan seorang gadis remaja dalam melawan kanker ganas, yaitu Rabdomiosarkoma merupakan kanker jaringan lunak.
Seorang gadis yang diceritakan dalam novel ini bernama Gita Sessa Wanda Cantika, mungkin dikenal sebagai mantan artis ciliki pada era 1998.  Gita ini merupakan tokoh utama dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan, ia divonis menderita kanker ganas dan diperkirakan masa hidupnya hanya tinggal 5 hari lagi.
Keke (nama panggilan) terserang kanker jaringan lunak yang mengikis bagian wajahnya, hingga tampak terlihat buruk seperti monster. Walaupun keadaannya seperti itu Keke tetap harus berjuang untuk hidup dan mengejar pendidikan layaknya gadis normal lainnya.
Penyakit kanker itu dirahasiakan oleh orang tuanya, karena mereka berat mengambil keputusan dan tidak tega melihat separuh wajah putrinya yang harus hilang jika dioperasi. Namun pada akhirnya Keke mengetahui bahwa dirinya terserang kanker ganas, lalu ia pun pasrah dan tak marah pada siapapun yang telah merahasiakan penyakit ganasnya itu.
Keke memberikan senyum kepada semua orang, dan menunjukkan perjuangannya bahwa walaupun terserang penyakit kanker ganas diwajahnya, ia masih mampu berprestasi dan hidup normal seperti kebanyakan orang.
Perjuangan ayahnya dalam menyelematkan putrinya dari penyakit ganas itu sangat mengharukan. Ayahnya, Joddy, tidak menyerah, ia terus berjuang agar putri tercintanya bisa terlepas dari vonis kematian itu. Ia terus berusaha mencari pengobatan alternatif ke seluruh Indonesia, namun hasilnya nihil. Pada akhirnya mau tidak mau harus merujuk ke ilmu medis, dan menurut dokter ada satu cara lainnya yang dapat memusnahkan kanker ganas itu, yaitu dengan kemoterapi.
Keajaiban Tuhan membuat Keke mendapatkan waktu lebih lama untuk bersama keluarga dan sahabat-sahabat tercintanya. Kanker ganas itu merupakan kasus pertama yang terjadi di Indonesia, dan menjadi viral pada kala itu. Sehingga menyebabkan perdebatan di kalangan kedokteran, karena umumnya kanker itu terjadi pada orang tua.
Namun kanker itu kembali lagi, Keke tetap bersyukur kepada Tuhan karena diberikan napas lebih lama dari vonis 5 hari hingga dapat bertahan selama 3 tahun lamanya. Kanker kembali lagi dengan lokasi yang berbeda, yaitu di pelipis mata sebelah kanan.
Ayah memutuskan untuk mencoba pengobatan ke Singapura, dokter di sana menyarankan untuk operasi. Namun mereka pun kembali lagi ke Indonesia dengan kondisi keke yang semakin parah, kanker ganas itu semakin menyerang organ tubuh lain, seperti jantung dan paru-paru.
Dengan kondisi seperti itu, Keke tetap menjunjung semangat belajarnya. Ia tetap teguh untuk sekolah, walaupun kaki dan tangannya sudah tak mampu lagi digerakkan. Seiring berjalannya waktu kondisi keke tidak juga membaik, sehingga harus dirawat inap kembali di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, di sana ia mengalami koma selama tiga hari.
Dalam kondisi seperti itu ada berita membanggakan untuk Keke dan juga keluarganya, Allah.swt memang memberikan ujian sesuai dengan kemampuan hamba-Nya. Keke telah membuktikan semua itu, Keke menjadi juara tiga ujian akhir sekolah di kelasnya”.
Pada akhirnya dokter menyerah dengan kanker ganas itu. Dalam hembusan napas terakhir Keke menuliskan sebuah surat kecil untuk Tuhan. Napasnya telah berakhir pada 25 Desember 2006, tepat setelah ia menunaikan ibadah puasa dan Idul Fitri terakhir bersama keluarga dan sahabatnya.

Kelebihan
Kisahnya yang sangat menyayat hati membuat pembaca terhanyut dalam imajinasi. Kisahnya diangkat dari kehidupan nyata. Di dalam novelnya terdapat beberapa foto selama masa perjuangan Keke melawan kanker ganas.
Kekurangan
Ada beberapa kata kiasan yang sulit dipahami oleh pembaca.






















5.
Judul Buku                : Sang Pemimpi
Penulis                        : Andrea HirataTebal Buku : 292 halaman
Penerbit                      : PT. Bentang Pustaka
Tahun Terbit             : 2008

Sinopsis
Sang Pemimpi masih trilogi dari novel Laskar Pelangi, dari Andre Hirata. Novel ini mengusung tema persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi.
Dalam novelnya menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga orang anak Melayu Belitong, yaitu Arai, Ikal, dan Jimbron yang penuh dengan perjuangan, tantangan, dan lika-liku kehidupan yang memesona, sehingga kita akan yakin adanya kekuatan cinta, percaya pada kekuatan mimpi, dan kekuasaan Allah.swt.
Mereka bertiga, Ikal, Jimbron, dan Arai berjuang untuk menuntut ilmu di SMA Negeri Bukan Main yang letaknya sangat jauh dari kampungnya. Mereka tinggal di los pasar kumuh Magai, Pulau Belitong, bekerja sebagai kuli ngambat atau kuli ikan, pekerjaan itu mereka lakukan untuk bertahan hidup sembari menuntut ilmu.
Pak Balia, sosok orang baik dan bijaksana, beliau adalah kepala sekolah dan juga sebagai pengajar kesusastraan di SMA Negeri Bukan Main. Ada juga sosok antagonis dalam novel ini, yaitu Pak Mustar, beliau ini ditakuti para siswa.
Galaknya beliau ini terbilang lucu, karena beliau berubah menjadi galak hanya karena anak laki-laki kesayangannya tidak diterima di SMA yang dirintisnya ini. Hal itu disebabkan karena NEM anaknya kurang 0.25 dari batas minimal syarat, yaitu hanya 41,75.
Ikal, Jimbron, dan Arai pernah dihukum oleh Pak Mustar karena telah menonton film di bioskop, dan peraturan ini larangan bagi siswa SMA Negeri Bukan Main. Pada waktu upacara hari Senin, mereka bertiga dipisahkan dari barisan lain, dan diberikan hukuman untuk berakting di lapangan sekolah serta membersihkan WC.
Arai dan Ikal memiliki ikatan darah, nenek Arai merupakan adik kandung kakek Ikal dari pihak ibu. Saat Arai masih kelas 1 SD ibunya meninggal dunia dan ayahnya juga meninggal saat Arai duduk di bangku kelas 3, sehingga di kampung Melayu disebut Simpai Keramat.

Kelebihan
Masih sama seperti novel Laskar Pelangi, menuangkan nilai moralitas dan sosialisme yang kental. Banyak memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pembacanya. Alur ceritanya juga dikemas dengan menarik.

Kekurangan
Para pembaca pemula akan sedikit kesulitan untuk membaca novel ini, karena banyak redaksi yang menggunakan bahasa kiasan.


6.
Judul Buku                : Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Penulis                        : Buya Hamka
Tebal Buku                : 225 halaman
Penerbit                      : PT. Bulan Bintang
Tahun Terbit             : 2012

Sinopsis
Sebuah novel yang fenomenal, hingga diangkat menjadi film. Novel fenomenal ini adalah karya penulis tersohor yaitu Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama Buya Hamka.
Pada pertama kali Buya Hamka menulis novel ini yaitu sebuah cerita bersambung yang diterbitkan di majalah. Isi yang terkandung di dalam novelnya yaitu Buya Hamka mengkritik suatu tradisi milik masyarakat minang pada kala itu, terutama dalam hal perkawinan paksa.
Novel ini berkisah tentang dua insan yang saling mencintai dengan penuh rasa tulus, ikhlas, dan suci. Dibalik kisah cinta mereka, ada latar belakang mengenai peraturan adat yang sangat tegak. Adat minang kala itu menganggap bahwa warisan dapat membuat orang berselisih.
Zainuddin, seorang yatim piatu yang memiliki nasib pilu, ia terbuang dari tanah kelahirannya, Makassar. Terbuangnya ia dikarenakan ibunya asli Makassar lalu menikah dengan ayahnya yang asli Minang.
Pada mulanya Zainuddin tidak mengetahui bahwa tanah asalnya yaitu negeri Minangkabau. Ia baru mengetahui akan hal itu saat ayahnya menyampaikan pesan terakhir. Lalu pada suatu hari Zainuddin memutuskan untuk mengunjungi Padang Panjang.
Awalnya Zainuddin merasa senang, namun setelah sampai sana ia masih dianggap orang asing, hingga perasaaan senangnya pudar. Seiring berjalannya waktu ia mulai jenuh dengan keadaan itu, dan pada saat itu juga ia bertemu dengan Hayati.
Hayati, seorang gadis Minang yang membuat Zainuddin terpesona dan Hayati pula yang membuat ia bertahan di sana. Karena pada saat itu belum ada teknologi komunikasi modern, mereka berdua berkomunikasi dengan media surat menyurat.
Seiring berjalannya waktu, mereka merasakan perasaan yang sama, yaitu jatuh cinta. Kabar mengenai hubungan mereka tersebar luas hingga menjadi bahan pembicaraan orang Minang. Keluarga Hayati merupakan keluarga leluhur terpandang.
Mamaknya Hayati mempercayai bahwa kabar hubungan mereka akan menjadi aib bagi keluarga terpandang tersebut. Kemudian mamak Hayati memanggil Zainuddin dan menyuruhnya untuk pergi dari negeri Batipuh. Lalu akhirnya Zainuddin pergi ke Pandang Panjang.
Saat sebelum pergi, Hayati sempat menemui Zainuddin, mereka berdua saling berjanji untuk terus setia dan selalu kirim surat.
Pada suatu hari Hayati mengunjungi Padang Panjang dan menyinggahi rumah temannya Khadijah. Hayati merasa senang karena mendapatkan peluang untuk melepas rindu dengan Zainuddin.

Kelebihan
Penulisan alur cerita yang sangat natural khas Buya Hamka. Dari segi struktur bahasa pun mudah dimengerti. Mengandung banyak pesan amanat, terutama dalam ranah budaya.

Kekurangan
Tokoh pada novel tidak dijelaskan secara mendetail mengenai sifatnya. Jadi, jika bukan novelis maka akan sulit memahami masing-masing sifat tokoh. Karena latar belakang tempatnya yaitu di Negeri Minang, ada beberapa kata yang memakai bahasa daerah atau bahasa Melayu.














7.
Judul Buku                            : Ayat-Ayat Cinta
Pengarang Buku                   : Habiburrahman El Shizary
Penerbit Buku                       : Republika
Tahun penerbitan                 : 2004
Tebal                                      : 420 halaman

Sinopsis
Novel ayat-ayat cinta ini menceritakan kisah seorang anak muda dari Indonesia yang bernama Fahri Abdullah Sidiq. Setelah selesai dari Aliyah, Fahri melanjutkan studinya di Cairo Mesir di Universitas Al-Azhar.Di Cairo Fahri mempunyai teman satu kost yaitu Misbah, Syaiful, Rudi, dan Hamdi. Fahri mendapat gambar gembira dari salah seorang temannya. Kalau dia lulus dan telah bisa membuat sebuah tesis.
Mengetahui hal itu, Fahri mengadakan syukuran atas kelulusannya dengan mengadakan acara makan-makan bersama. Ketika sedang asik makan, ia mendengar suara tangisan dari luar apartemennya yang ternyata si Bahdur sedang menyeret putrinya Noura ke jalan.
Fahri sangat tidak suka melihat wanita menangis. Ia meminta bantuan kepada Marya, namun Marya tidak mau karena takut berurusan dengan Bahdur. Karena Fahri terus memohon, akhirnya Marya menolong Marya.Dengan bantuan Faghri dan Syaikh Ahmad akhirnya Noura berhasil menemukan orang tua kandungnya. Ternyata dulunya Noura sempat tertukar dengan seorang bayi. Namun Noura menyimpan rasa simpati kepada Fahri.
Sampai pada akhirnya Fahri menikahi Aisyah seorang gadis Turki yang pernah ia tolong. Aisyah dapat menikah dengan Fahri berkat bantuan dari pamannya Eabal Hokan Erbakan.Kabar pernikahan itu pun terdengar oleh Marya. Mendengar hal itu Marya patah hati dan kemudian jatuh sakit. Lalu Allah memberi cobaan kepada Fahri yang sedang berbahagia dengan Istrinya Aisyah.
Fahri ditangkap oleh polisi karena di fitnah telah menghamili Noura. Namun Fahri tidak mengakuinya karena ia tidak pernah melakukan hal itu.Sampai pengadilan Noura membuat kesaksian palsu. Hari demi hari yang dilalui oleh Fahri di dalam penjara ia jalani dengan terus menerus beribadah kepada Allah dan menjalaninya dengan ketabahan dan ketaqwaan.
Dengan kesabaran yang dimiliki oleh Fahri pada sidang penentuan Allah membantunya dengan sembuhnya Marya dari komanya. Karena Marya lah saksi kunci dalam kasus itu.Kesaksian yang diberikan oleh Marya membuahkan hasil. Akhirnya Fahri berhasil keluar dari penjara. Tapi setelah Fahri bebas, Allah berkehendak lain. Marya meninggal dunia menghadap Allah SWT.

Kelebihan
Dalam novel ayat-ayat cinta ceritanya sangat bagus sekali bagi siapa saja yang membacanya. Walaupun novel ini novel yang menceritakan percintaan, tapi banyak pesan moral yang terkandung dalam novel ini. Penuh dengan pesan dan yang paling utama adalah aqidah kepada Allah SWT.


Kekurangan
Terdapat beberapa bahasa Arab yang dicantumkan dengan catatan kaki sehingga bahasanya agak kurang bisa dipahami bagi orang awam yang tidak mengetahui bahasa Arab.





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN ABSTRAK BIDANG ARTIKEL

ABSTRAK BUKU PengadaanTahun 2014/Ke-2

Pengadaan I 2014