RINDU YANG SELALU BIKIN PILU

RINDU YANG SELALU BIKIN PILU

Judul Buku      : Hujan Bulan Juni
Jenis Buku       : Novel/Fiksi
Penulis             : Sapardi Djoko Damono
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit  : 2015, cetakan pertama
Tebal                : 138 halaman.


                Siapa yang tak mengenal Sapardi Djoko Damono lewat puisi-puisi romantisnya? Sastrawan asal Surakarta ini menarik hati pembaca dengan larik-larik seperti: Aku ingin mencintaimu dengan sederhana/ dengan kata yang tak sempat diucapkan/ kayu kepada api yang menjadikannya abu/. Buku antologi puisinya yang berjudul Hujan Bulan Juni,, diangkat menjadi sebuah novel dengan judul yang sama.
Novelnya ini mengisahkan tentang hubungan percintaan antara pria sederhana dan kaku bernama Sarwono dengan gadis, yang memenuhi syarat untuk menjadi Miss Universe: Brain, Beauty dan, Behavior. Dia bernama Pingkan. Perempuan yang berdarah blasteran dari dua suku: Jawa (Solo) dan Minahasa (Manado). Toar adalah Kakak Pingkan sekaligus sahabat Sarwono, yang menjadi awal mula pertemuan mereka.
Sarwono merupakan seorang Antropolog. Ia tengah disibukkan dengan pekerjaannya sebagai peneliti. Melalui pekerjaannya itu, Pingkan dan Sarwono sering bertemu, lalu keduanya saling jatuh cinta. Kisah cinta mereka dibumbui dengan obrolan yang remeh-temeh setiap kali sedang jalan bersama, tetapi, justru itulah yang membuat keromantisan di antara keduanya semakin terbangun. Sarwono dibuat semakin galau ketika tahu itu. Ia menderita paru-paru basah. Ditambah benak dan hatinya yang basah sebab lama menahan rindunya ingin bertemu sang kekasih.
Muncul beberapa narasi yang berulang dalam novel ini dan beberapa kesalahan penulisan yang sepertinya menjadi catatan penting untuk editornya—pun penulisnya tentu saja—agar setidaknya membuat pembaca ‘sensitif’ merasa nyaman. Gaya penulisan Sapardi memang sulit dilepaskan dari cara menuliskan puisi, sehingga terlalu banyak bumbu-bumbu. Namun bagi para penikmat puisi, berbagai kepingan puisi dalam novel ini juga menjadi suatu daya tarik yang berbeda. Novel ini melukiskan pada kita, bagaimana menghadapi kerinduan yang seringkali tidak berujung pada pertemuan. Sebuah novel romansa yang cocok dibaca oleh siapa saja yang haus akan kisah-kisah cinta sederhana di sekitar kita.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN ABSTRAK BIDANG ARTIKEL

ABSTRAK BUKU PengadaanTahun 2014/Ke-2

Pengadaan I 2014