Pengadaan II 2012

Pengadaan II 2012

Suyoto. 2010. Jalan Sukses Alfatihah. Yogjakarta: Character Building Centre.
Keywords       : Motivasi, Agama Islam
Abstrak:
Buku ini memberikan penjelasan dari persepsi Bupati Bojonegoro yang dikenal luas sebagai Kang Yoto dalam memaknai surat pembuka Al-Qur’an yakni Surat Al-Fatihah. Makna surat pembuka Al-Qur’an tersebut dapat dijadikan motivasi bagi para pembaca dalam membangun maupun dalam menguatkan karakter diri dalam menghadapi berbagai tantangan dan hambatan serta sebagai suatu prinsip batin dalam meraih kesuksesan hidup.




















Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. 2010. Mengenal Lebih Dekat Museum Rajekwesi Kab Bojonegoro. Surabaya:Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.
Keywords       : Museum, Sejarah, Bojonegoro, Museum Rajekwesi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Indonesia
Abstrak:
Buku ini memberikan penggambaran mengenai Museum Rajekwesi sebagai salah satu pusat informasi sejarah dan pelestari sejarah dari Kabupaten Bojonegoro melalui pandangan yang mungkin tidak diketahui masyarakat sebelumnya. Penggambaran di dalam buku ini akan membuka mata hati dan pikiran dalam upaya penanaman kecintaan masyarakat khususnya masyarakat Bojonegoro terhadap salah satu pusat informasi dengan kekhasan sejarah Kabupaten dengan julukan Bumi Angling Dharma tersebut. Hal ini mengingat masih minimnya kesadaran akan pengetahuan sejarah masyarakat akan variasi kekayaan masa lalu yang dapat dijadikan suatu kebanggan dan wawasan akan Bumi Angling Dharma.

















Sujadi, Prawoto R. 2012. Kumpulan Puisi Margendut Sayang. Bojonegoro: Baca Buku Publishing.
Keywords       : Antologi Puisi, Puisi Cinta
Abstrak:
Buku karya Prawoto R. Sujadi ini berisi kumpulan puisi yang menceritakan, mendokumentasikan, menuliskan perjalanan om prauw (si penulis) dengan margendut (sang istri) sejak awal mula perkenalan mereka hingga akhirnya memutuskan untuk melangsungkan ikatan pernikahan. Buku ini merupakan persembahan sang penulis kepada calon istrinya sehingga terlihat sekali kasih sayang yang terpancar dari setiap kata yang tertulis rapi dalam buku ini. Kasih sayang yang berasal dari luapan isi hati dan pikiran Prawoto terbungkus dalam bait-bait puisi ciptaannya ini dimana menceritakan mengenai kekasihnya yang dipanggil dengan nama kesayangan Margendut serta hubungan mereka saat menjalin kasih. Hal ini salah satunya dapat dilihat pada salah satu puisi yang berjudul meng-iya-kan pada bagian …//di lubang telinga/mesra terdengar/menggetarkan asa,/memenuhi perintah agama,/menjadi ibadah kita bersama//katamu saat kau meng-iya-kan-ku//. Sehingga terlihat bahwa penulisan puisi yang berenergi dan bertenaga menyebabkan pembaca dapat merasakan buncahan kasih sayang sang penulis yang tertuju pada sang kekasih hati, kepada diri penulis itu sendiri, maupun untuk pembaca puisi yang diciptakannya.
Wujud kasih sayang yang tertulis dengan apik dari variasi pilihan kata, peristiwa, latar, dan berjuta rasa merupakan tipikal puisi cinta, dan itu terlihat pada isi buku ini. permainan sintaksis yang dijalankan Prawoto dari puisi ciptaannya saling tarik menarik antara curahan hati dan pemikiran contohnya dalam puisi “Memadu Rindu” …//bermodal hati, menabung pikiran/ dalam sikap dan tindakan/mencipta senyum yang takkan terlupan//…, dan banyak puisi lain yang pastinya tidak sabar untuk anda rasakan.










Sugono, Dendy. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia Jilid 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Keywords       : Buku Teks, Bahasa Indonesia, Dendy Sugono
Abstrak:
Ditengah-tengah maraknya penggunaan bahasa asing, bahasa nasional yakni Bahasa Indonesia mengalami suatu bentuk kemunduran tersendiri. Sebagai suatu lambang identitas nasional, penggunaan bahasa Indonesia harus tetap dipertahankan khususnya masalah kualitas praktiknya. Oleh sebab itu, pemakaian bahasa Indonesia baik mulai dari penulisan kata dan istilah bahasa, serta pengindonesian kata asing memerlukan pedoman dan petunjuk. Untuk menjawab hal tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan beberapa seri pedoman yang mudah dan praktis untuk praktik berbahasa Indonesia di tengah-tengah masyarakat saat ini. Dengan demikian kaidah-kaidah penulisan dan pemakaian bahasa Indonesia tetap terjaga secara mantap.




















Sugono, Dendy. 2012. Buku Praktis Bahasa Indonesia Jilid 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Keywords       : Buku Teks, Bahasa Indonesia, Dendy Sugono
Abstrak:
Ditengah-tengah maraknya penggunaan bahasa asing, bahasa nasional yakni Bahasa Indonesia mengalami suatu bentuk kemunduran tersendiri. Sebagai suatu lambang identitas nasional, penggunaan bahasa Indonesia harus tetap dipertahankan khususnya masalah kualitas praktiknya. Oleh sebab itu, pemakaian bahasa Indonesia baik mulai dari penulisan kata dan istilah bahasa, serta pengindonesian kata asing memerlukan pedoman dan petunjuk. Untuk menjawab hal tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan beberapa seri pedoman yang mudah dan praktis untuk praktik berbahasa Indonesia di tengah-tengah masyarakat saat ini. Dengan demikian kaidah-kaidah penulisan dan pemakaian bahasa Indonesia tetap terjaga secara mantap.



















Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Perencanaan Bahasa pada Abad ke-21 Kendala dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Keywords       : Bahasa Indonesia – Seminar, Perencanaan Bahasa
Abstrak:
Memasuki zaman yang semakin maju tentunya akan berdampak pada kuantitas maupun kualitas tantangan yang akan dihadapi pada setiap aspek kehidupan, tidak terkecuali pada aspek kehidupan berbahasa di Indonesia. Pengadaan symposium internasional ditujukan untuk membahas situasi dan kondisi penggunaan bahasa yang ada di masyarakat saat ini. Dengan adanya berbagai jenis informasi yang disampaikan melalui pidato, makalah dan rumusan hasil symposium yang sudah berlangsung maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merangkum informasi tersebut dalam suatu bentuk memori yang berbentuk buku. Dimana buku ini sebagai bentuk transfer knowledge pemerintah kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat Indonesia sendiri mengenai hakikat bahasa nasional, kebijakan bahasa serta perencanaan bahasa di abad ke-21 ke depannya dari berbagai sudut pandang berbagai disiplin keilmuan pembicara symposium.
















Masrihani, Tuti, dkk. 2008. Matematika Program Keahlian Akuntansi dan penjualan untuk SMK dan MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Keywords       : Text Book, Matematika, SMK, MAK, Akuntansi dan Penjualan
Abstrak:
Buku teks matematika ini dikhususkan bagi siswa SMK dan MAK yang berada pada program keahlian akuntansi dan penjualan. Penyusunan buku didasarkan pada standar isi 2006 ini disajikan sedemikian hingga mudah dipahami dan diterapkan pada program keahlian terkait. Ada beberapa fitur yang ada pada buku teks matematika ini diantaranya motivasi, notes, web!, bidik UN!, aktivitas kelas, rangkuman, studi kasus dan artikel. Pada bagian motivasi diharapkan siswa termotivasi serta akan mendapatkan gambaran mengenai materi yang akan dipelajari. Dalam bagian notes, siswa akan mendapatkan sisipan materi yang berupa informasi penting dari materi pada bagian sebelumnya maupun tambahan berupa catatan penting. Bagian web! Memberikan informasi mengenai website yang dapat diakses sebagai bentuk bantuan pada siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Bidik UN! Berisikan soal-soal UN yang akan membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai jenis soal yang selaras dengan materi yang dipelajari. Aktivitas kelas berisikan soal-soal latihan untuk dikerjakan di kelas sebagai bentuk ujian pemahaman mereka mengenai materi yang diberikan sebelumnya. Pada bagian studi kasus terdapat masalah yang berhubungan dengan implementasi materi pada program keahlian dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bagian artikel terdapat potongan berita maupun artikel baik dari surat kabar maupun artikel online terkait materi maupun implementasi dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan telaah siswa sekaligus menambah pengetahuan mereka akan materi yang mereka pelajari.











Hidayati, Kana, dkk. 2008. Aktif Menggunakan Matematika Kelas XII BSE. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Keywords       : Text Book, Matematika, SMK, BSE
Abstrak:
Buku teks matematika ini menghadirkan aspek konstekstual dengan menggunakan pemecahan masalah sebagai bagian dari pembelajaran siswa. Hal ini menyebabkan adanya pemberian kesempatan kepada para siswa untuk secara mandiri membangun pengetahuan dan mengembangkan potensi diri yang ada. Materi yang disajikan dalam buku teks ini memiliki tujuan sebagai pembekalan siswa dengan pengetahuan dan sejumlah kemampuan untuk memasuki jenjang yang lebih tinggi serta mampu untuk mengembangkan ilmu matematika itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari mereka. Materi didalmnya pun disesuaikan kembali dengan perkembangan ilmu dan teknologi terkini sekaligus dengan di transformasikan ke dalam bahasa yang mudah dipahami serta komunikatif agar mempermudah siswa dalam mempelajari materi yang ada.


















Risalah Kongres Bahasa Indonesia VIII. 2011. Pemberdayaan Bahasa Indonesia Memperkukuh Budaya Bangsa Dalam Era Globalisasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Keywords       : Kebijakan Bahasa, Bahasa Indonesia, Studi Bahasa, Media Massa dan Bahasa
Abstrak:
Kongres Bahasa Indonesia VIII (KBI) yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 14-17 Oktober 2003 silam bertema "Pemberdayaan Bahasa Indonesia Memperkukuh Ketahanan Budaya Bangsa dalam Era Globalisasi". Tema besar tersebut kemudian dijabarkan ke dalam tiga pokok bahasan yang mencakup bahasa, sastra, dan media massa. Topik yang masuk dalam pokok bahasan bahasa mengangkat masalah konstekstual dengan upaya meningkatkan mutu bahasa Indonesia dalam menghadapi budaya global, baik dalam konteks pendidikan maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Adapun topk bidang sastra membahas pemantapan peran sastra indonesia dan daerah peningkatan mutu karya sastra, dan peningkatan apresiasi sastra dalam kaitannya dengan pemanfaatan ilmu dan teknologi informasi, serta peningkatan mutu pendidikan sastra. Dengan buku ini diharapkan budaya bangsa yang berbentuk aplikasi bahasa Indonesia dari gempuran globalisasi yang menerpa masyarakat Indonesia tetap terjaga dengan kuat.















Alwi, Hasan & Sugono, Dendy. 2011. Politik Bahasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Keywords       : Bahasa Indonesia – Politik, Sosiolinguistik – Indonesia, Politik Bahasa
Abstrak:

Buku ini memberikan rangkuman informasi mengenai seminar politik bahasa. Diharapkan dengan adanya buku ini masyarakat dapat mengetahui informasi yang tertuang dan keputusan yang disepakati dalam seminar tersebut sehingga masyarakat dapat memahami maksud kebijakan aplikasi berbahasa dan menambah wawasan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN ABSTRAK BIDANG ARTIKEL

ABSTRAK BUKU PengadaanTahun 2014/Ke-2

Pengadaan I 2014