Pengadaan I 2012

Pengadaan I 2012

Kurniawan, Eri & Kurniawan, Arief. 2008. Communication Builder English for Vocational School (Grade XII) BSE. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Keywords       : Teks Book, Bahasa Inggris, Studi dan Pengajaran, SMK, MAK
Abstrak:
Buku ini merupakan buku teks pelajaran bahasa inggris yang akan membantu siswa kelas XII SMK/MAK dalam memahami komunikasi berbahasa Inggris. Buku ini berisi mengenai pembelajaran bahasa Inggris dengan empat komponen kemampuan berbahasa inggris yakni listening, speaking, reading dan writing yang di bentuk sesuai dengan pendekatan berbasis literasi yang sesuai dengan keseluruhan program kompetensi vokasional yang ada pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan maupun Madrasah Aliyah Kejuruan. Selain keempat komponen tersebut, dalam buku juga tersedia bagian-bagian lain yang membantu siswa dalam memahami lebih jauh terkait komunikasi berbahasa Inggris seperti grammar review, know how, surf the net!, know your stuff, solve it!, gambar ilustrasi, rangkuman dan refleksi pada masing masing sub materi (unit), review dan juga glosarium. Grammar review akan membantu siswa dalam mengembangkan secara lebih lanjut praktik berbahasa Inggris dalam penggunaan komponen atau struktur bahasa. Know how dapat memberikan stimulus bagi kemampuan siswa dalam mengembangkan life skills dan kemandirian. Surf the Net! Memberikan siswa informasi tambahan terkait website yang mengandung informasi sesuai dengan topic unit yang ada pada buku. Know your stuff memberikan siswa mengenai fakta, tips, dan informasi yang menarik akan topic yang ada pada bahasan. Solve it! Memberikan tantangan tersendiri bagi siswa dalam pencarian jawaban dari pertanyaan yang diambil dari ujian nasional.














Irman, Mokhamad. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMK/ MAK Kelas 3 (XII) BSE. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Keywords       : Teks Book, Bahasa Indonesia, Studi dan Pengajaran, SMK, MAK
Abstrak:
Buku ini merupakan buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diperuntukkan untuk kelas XII jenjang SMK/MAK. Buku teks ini disusun sesuai dengan Standar Isi SK dan KD. Dimana penyajian materinya, bila merujuk pada silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia ini mengarah pada standar kompetensi berupa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat unggul. Standar kompetensi tersebut dituangkan dalam lima kompetensi dasar yakni menyimak untuk memahami secara kreatif teks seni berbahasa dan teks ilmiah secara sederhana, mengapresisasi secara lisan teks seni berbahasa dan teks ilmiah secara sederhana, menulis proposal untuk kegiatan ilmiah sederhana, menulis surat dengan memperhatikan jenis surat, menulis laporan ilmiah sederhana. Dari kelima kompetensi dasar tersebut, siswa diharapkan mampu memiliki kepekaan terhadap karya sastra dan dapat meningkatkan sikap apresiatif terhadap karya seni serta dengan dimilikinya keterampilan menulis secara tertib, sistematik, dan logik baik dalam proposal maupun laporan yang dapat digunakan sebagai bekal kemampuan diri (life skill) untuk menghadapi tuntutan ketika bekerja maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi nantinya. Disamping dengan uraian pokok-pokok materi yang berisi variasi contoh dan juga ulasan yang terperinci, dalam setiap bab yang ada juga dilengkapi dengan berbagai tugas mandiri, tugas kelompok, maupun soal-soal uji kompetensi sehingga guru dapat mengukur kemampuan siswa dalam kemampuan berbahasa Indonesia tingkat unggul.













Apriadi, Itong Aries. 2011. Novel Horor White Skull. Yogyakarta: Narasi.
Keywords       : Fiksi, Novel, Horor, Misteri
Abstrak:
Rasti dan Anggie membuntuti Marion menuju laboratorium biologi. Di luar dugaan, kedua siswi SMA itu terkejut ketika mengintip kegiatan yang dilakukan Marion: merayu patung kerangka manusia. Derek yang berada tak jauh dari mereka berdua, penasaran, kemudian ikut-ikutan mengintip Marion.
Dan... Derek terkejut setengah mati. Patung kerangka manusia di laboratorium biologi melihat ke arahnya. Sungguh itu menakutkan. 
Cerita tentang patung kerangka manusia yang bergerak menggegerkan sekolah. Teror hantu di sekolah terjadilah. Pak Arwan, sebagai guru yang membawa patung kerangka manusia itu, merasa harus bertanggung jawab. Bagaimana akhir kisah ini? Akankah teror hantu di sekolah berhasil diselesaikan?



















Raja, Timur Budi. 2012. Opus 154 (Sehimpun Puisi). Bangkalan: Akar Hujan Press.
Keywords       : Sastra, Puisi Indonesia
Abstrak:
Buku karya Timur Budi Raja ini berisi berbagai puisi dengan rentetan judul yang diceritakan secara sederhana dan lugas. Identitas daerah di Madura digambarkan sebagai tempat rekonstruksi geliat kehidupan yang ada dalam buku ini, semisal Sumenep dan Bangkalan. Geliat kehidupan ini merupakan rekonstruksi variasi bangunan pertarungan kehidupan, cinta, dan lain sebagainya yang terepresentasi dari identitas kota yang ditampilkan dengan perangai mencekam, buram, dan kegagalan. Rekonstruksi kehidupan dalam wujud puisi ini memiliki nuansa pertarungan batin akan kondisi geografis politik yang ganas. Semisal dengan adanya penempatan latar Bangkalan sebagai tempat kelahiran sang penulis yang tidak lepas dari sorotan mengerikan. Sorotan ini semisal adanya rahasia tersembunyi. Politik tidak sehat. Penyalahgunaan kekuasaan oleh pemangku kebijakan.
Singkatnya, sang penulis, Timur, asing di tanah sendiri. Pertarungan ideologi dan ketidakselarasan ideology yang diampu dengan kenyataan sosial. Terjadinya suatu pergolakan batin. Sunyi, melemparkan sang penulis pada pengelanaan panjang. Dari satu tempat ke tempat lain. Raut muka negeri yang sempoyongan ini butuh asupan suplemen penambah energi?
Meski corak Madura hanya berupa fragmen-fragmen singkat. Pertarungan batin terhadap geografis politik yang ganas dapat terlihat dari bait-bait yang ada. Opus 154 : Sehimpun puisi ini telah menjadi bagian keabsahan data, publik jiwa, yang tertampung sedemikian panjang antara tahun 1997 hingga 2012, sebagai keluaran pergumulan kontemplatif (renungan) penulis yang tertuang dalam antologi layak untuk diapresiasi para pembacanya.










Tim Studi Guru SMK/ SMEA. 2012. Edisi Lengkap Persiapan Menghadapi UNAS 2013 SMK/ SMEA Akuntansi, ADP, TKJ, Bisnis & Manajeman. Bandung: Pustaka Setia Bandung.
Keywords       : Kumpulan Soal, Ujian Nasional, SMK, Akuntansi, ADP, TKJ, Bisnis dan Manajemen.
Abstrak:
Buku kumpulan soal ini menyajikan tipe-tipe soal mata pelajaran berupa latihan pengerjaan soal lengkap beserta pembahasannya. Kumpulan soal yang disajikan sesuai dengan tingkatan Ujian Nasional. Desain soalpun disesuaikan dengan penjurusan akuntansi, Administrasi Perkantoran (ADP), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Bisnis dan Manajemen tingkat SMK.





















Tim Widya Gamma. 2012. Persiapan Menghadapi Ujian Nasional SMK 2012/ 2013 Kelompok Teknologi, Kesehatan Pertanian. Bandung: Yrama Widya.
Keywords       : Kumpulan Soal, Ujian Nasional, SMK, Kelompok Teknologi, Kesehatan Pertanian
Abstrak:
Buku kumpulan soal ini menyajikan tipe-tipe soal mata pelajaran di tingkat SMK berupa latihan pengerjaan soal lengkap untuk Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Ujian Nasional meliputi Matematika (Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian), Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Ujian Sekolah meliputi Fisika, Kimia, Biologi, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kewirausahaan, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan beserta pembahasannya.





















Tim Studi Guru SMK/ STM. 2012. Edisi Lengkap Persiapan Menghadapi UNAS SMK/ STM Industri 2013. Bandung: Pustaka Setia Bandung.
Keywords       : Kumpulan Soal, Ujian Nasional, SMK, STM, Industri
Abstrak:
Buku kumpulan soal ini terdiri dari tiga paket yakni paket Ujian Nasional SMK/STM 2011/2012, paket Ujian Nasional SMK/STM 2010/11, dan prediksi Ujian Nasional SMK/STM 2013. Masing-masing paket terdiri dari berbagai jenis mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional yakni Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Kewirausahaan, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Pemesinan, Teknik Otomatif Kendaraan/Teknik Mekanik Otomotif (Paket 2), Teknik Kendaraan Ringan (Paket 1), Teknik Elektronik Industri, Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KPPI-Paket 2), dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (Paket 3). Soal di dalam buku mengacu pada SKL dan Kisi-Kisi Ujian Nasional BSNP. Buku ini juga dilengkapi dengan pembahasan dan kunci jawaban yang lengkap dan tepat. Disamping itu, terdapat juga lembar jawaban yang dapat dipergunakan siswa SMK/STM dalam mengukur kemampuan mereka serta melakukan proses simulasi Ujian Nasional yang kelak akan mereka hadapi.

















Khiaratullah, Abdulkarim. 2011. Surat Takdir untuk Hafiz. Yogjakarta: Diva Press.
Keywords       : Fiksi, Novel Indonesia
Abstrak:
Ketika gempa yang melanda daerahnya, Hafiz yang terjepit di antara reruntuhan bangunan berhasil diselamatkan oleh Engku Rajab. Dan, Engku Rajab jugalah yang akhirnya merawat Hafiz hingga remaj. Ayah ibunya sendiri meninggal pada saat itu.
Hafiz adalah seorang anak yang patuh dan menerima kehidupan sederhana yang Engku Rajab hadirkan. Ketika ia menginjak usia 13 tahun, ia dikenalkan Engku Rajab dengan Buya Khatib, seorang ulama kenamaan yang mempunyai banyak santri. Kepadanyalah ia belajar agama, di samping kesibukannya di MtTs dan membantu Engku Rajab di sawah.
Pada suatu hari, Hafiz menemukan sebuah foto lusuh di balik tempat tidurnya di rumah Engku Rajab, foto yang akhirnya ia ketahui dari Tuk Malik (tetangganya) bahwa ternyata ia masih memiliki paman (mamak). Namun, ia sendiri tidak pernah diberitahu oleh Engku Rajab.
Lantas, kenapa sang Engku tidak berterus terang kepadanya? Benarkah hal itu karena permintaan pamannya yang memiliki masa lalu buruk dan ada hubungannya dengan kematiannya ayahnya? Siapa pula sang Engku sebenarnya? Kenapa ia tak menikah hingga akhir hayatnya?
Novel ini banyak memberikan pengajaran akan persahabatan, ketulusan, pengorbanan untuk sesama, penyesalan terhadap kesalahan, sikap pasrah dan menerima. Alur cerita yang mengalir dan adegan-adegan yang menyentuh, ditambah dengan adanya paparan narasi yang mampu menggetarkan hati membuat novel ini pantas untuk membaca.












Alwi, Hasan. 2011. Bahasa Indonesia Pemakai dan Pemakaiannya. Jakarta: Mendikbud.
Keywords       : Bahasa Indonesia, Hasan Alwi
Abstrak:
Buku ini memberikan deskripsi akan penggunaan dan panduan berbahasa Indonesia. Tidak hanya itu namun juga diberikan penjelasan mengenai pemakai dari bahasa Indonesia itu sendiri dan bentuk keterpakaian berbahasa Indonesia yang mereka pergunakan dalam berbagai situasi dan tujuan.






















Alwi, Hasan & Sugono, Dendy. 2011. Politik Bahasa Rumusan Seminar Politik Bahasa. Jakarta: Mendikbud.
Keywords       : Kebijakan Bahasa, Indonesia, Sosio Politik
Abstrak:
Setakat ini ada tiga kelompok bahasa yang digunakan dalam kehidupan masyarakat Indonesia, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, dan Bahasa Asing. Setiap bahasa tersebut sesuai dengan kedudukan dan fungsi masing-masing sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Ketiga bahasa tersebut tidak terlepas dari perkembangan kehidupan masyarakat pemakainya. Jika terjadi saling pengaruh negative di antara ketiganya, situasi bahasa itu semakin tidak terkendali. Bahkan dapat memunculkan sikap masyarakat yang lebih bangga menggunakan bahasa asing daripada menggunakan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah mengadakan seminar yang dihadiri oleh berbagai pakar dari berbagai disiplin ilmu. Dalam “Seminar Politik Bahasa” dibahas berbagai topic kebahasaan baik itu di bidang bahasa murni maupun di bidang bahasa yang dikaitkan dengan disiplin ilmu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN ABSTRAK BIDANG ARTIKEL

ABSTRAK BUKU PengadaanTahun 2014/Ke-2

Pengadaan I 2014